Jokowi Jadi Imam Salat di Afghanistan Ashraf Ghani

6 Jam Jokowi Jadi Imam Salat di Afghanistan Ashraf Ghani

Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Afghanistan, Senin (29/1/2018).

 

6 Jam Jokowi Jadi Imam Salat

Kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo di Afghanistan cukup dramatis. Ancaman teror membayang-bayangi kesibukan Presiden Jokowi disana.

21 Januari 2018 atau delapan hari sebelumnya ketibaan Jokowi, bom meledak di Hotel Intercontinental menewaskan lebih dari 20 orang. Serangan diklaim oleh Taliban.

24 Januari 2018 atau lima hari sebelumnya ketibaan Jokowi, ISIS membunuh tiga orang di kantor instansi amal Save te Children di Jalalabad.

27 Januari 2018 atau dua hari sebelumnya ketibaan Jokowi, bom bunuh diri menghantam pusat kota Kabul. Aktor memakai mobil ambulans diisi penuh bahan peledak.

Bahkan juga, Jokowi pada hari ketibaan Jokowi, Senin (29/1/2018), persisnya dua jam terlebih dulu, markas akademi militer di Kabul kembali terserang.

Sejumlah 5 tentara Afghanistan tewas serta 10 yang lain alami luka dalam serangan yang diklaim dikerjakan oleh ISIS itu.

Enam Jam Jokowi Dapat dipikirkan, begitu mencekamnya kota itu selama Januari ini.

Bersikeras ke Afghanistan

Jam 11. 40 saat setempat, pesawat kepresidenan Indonesia-1 mendarat di Bandar Udara Internasional Hamid Karzai, Kota Kabul.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menerangkan, pihak Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah mengemukakan pertimbangan potensi masalah keamanan di Afghanistan pada Presiden Jokowi.

” Namun¬†Jokowi Pak Presiden Jokowi telah bersikeras. Pak Jokowi maunya kesana, jadi ya ke sana, ” tutur Pratikno di kantornya di Jakarta, Senin.

Jokowi Presiden Jokowi juga jadi presiden RI ke-2 yang menjejakkan kaki di Afghanistan sesudah proklamator Ir. Soekarno 57 th. lantas, persisnya th. 1961.

Hujan salju menemani peristiwa Presiden Jokowi serta Ibu Negara Iriana turun dari pesawat. Wakil Presiden Afghanistan Sarwar Danish menyambutnya di ujung tangga pesawat.

(Bacalah juga : Narasi Menegangkan Jokowi ke Afghanistan, Selimut Jadi Syal sampai Sujud Sukur di Pesawat)

Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sujud syukur karena kedatangan Presiden Jokowi di Kabul, Afghanistan berlangsung aman dan lancar meski beberapa saat sebelumnya Kabul sedang diserang ledakan bom.Enam Jam Jokowi Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sujud syukur karena kedatangan Presiden Jokowi di Kabul, Afghanistan berlangsung aman dan lancar meski beberapa saat sebelumnya Kabul sedang diserang ledakan bom

 

Dari ruang bandara, Presiden Jokowi serta rombongan bergerak menuju Istana Preside Arg. Sepanjang sekitaran 10 menit, kendaraan Jokowi menembus salju serta udara dingin 1 derajat celcius di kota yang masih tetap mencekam itu.

Sesampainya di Istana Presiden Arg, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani sudah menunggunya di pelataran. Jokowi diterima peluk hangat serta senyum lebar oleh Presiden Ghani.

Pertemuan keduanya yang demikian hangat terlihat seperti dua orang teman dekat yang telah lama tidak bersua.

Presiden Ghani lantas membawa Presiden Jokowi jalan kaki ikuti upacara kenegaraan. Terpaan salju menemani keduanya jalan mengecek pasukan kehormatan. Senyum tidak sempat terlepas dari muka Jokowi serta Ghani.

Kehangatan juga merasa waktu keduanya melakukan pertemuan empat mata dengan kata lain tete a tete serta pertemuan bilateral dengan semasing delegasi. Tawa serta canda menghiasi rangkaian pertemuan itu.

Jadi sinyal persahabatan, Presiden Jokowi serta Presiden Ghani bertukar penutup kepala, selesai rangkaian pertemuan bilateral.

Jokowi terima longi, topi panjang yang ujungnya menjuntai hingga 7 mtr.. Sesaat, Ghani terima peci hitam yang terlebih dulu dipakai Jokowi.

Selesai itu, keduanya menunaikan salat dzuhur berjamaah di masjid kompleks Istana. Presiden Jokowi didaulat jadi imam.

Dalam pernyataan pers dengan, Presiden Ghani mengibaratkan kehadiran Jokowi jadi turunnya hujan salju.

” Kehadiran Yang Mulia tidaklah perlu membawa emas. Namun membawa hujan serta salju. Hujan serta salju adalah barokah untuk kami. Hujan serta salju tidak sempat pilih juga akan turun pada seorang kaya atau orang miskin, ” sekian cuplikan pernyataan pers Ghani.

Medali bagi Jokowi

Presiden Ghani lantas menjamu makan siang Presiden Jokowi serta rombongan. Di sela jamuan santap siang itu, Presiden Ghani menganugerahkan ‘Medal of Ghazi Amanullah’ pada Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo menjadi imam shalat saat kunjungan ke Afghanistan, Senin (29/1/2018).

Presiden Joko Widodo menjadi imam shalat saat kunjungan ke Afghanistan, Senin

Medali itu adalah bentuk penghormatan Afghanistan pada sosok Joko Widodo atas keteguhan serta keberanian dalam memajukan jalinan bilateral Indonesia-Afghanistan, terlebih dalam pembangunan perdamaian di Afghanistan.

” Terima kasih atas anugerah ‘Medal of Ghazi Amanullah’. Medal ini juga akan jadi spirit baru usaha tingkatkan jalinan bilateral serta perdamaian, ” tutur Jokowi.

Presiden Jokowi sempat juga berjumpa deretan Dewan Perdamaian Afghanistan Karim Khalili di Istana Haram Sarai (Wisma Negara). Jokowi didalam pertemuan itu menyatakan, Indonesia siap berperan pada usaha perdamaian lewat rekonsiliasi di Afghanistan.

Satu diantara bentuk usaha itu yaitu menyelenggarakan acara Pertemuan Ulama Internasional.

” Indonesia siap jadi tuan-rumah (pertemuan ulama internasional), ” tutur Jokowi.

Untuk Perdamaian di Afghanistan

Jam 17. 25 saat setempat, Presiden Jokowi dan rombongan telah ada di Bandar Udara Internasional Hamid Karzai bagi bersiap kembali pada tanah air.

Enam jam kunjungan kenegaraan di Afghanistan mungkin saja sangat singkat. Tetapi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan, peristiwa singkat itu telah cukup melukiskan keteguhan hati Indonesia dalam berperan pada perdamaian di Afghanistan.

Begitu halnya Presiden Ghani. Kunjungan enam jam Presiden Jokowi itu tunjukkan pada dunia kalau mereka dapat memberi jaminan keamanan pada tamu negara sekalian pesan kalau perdamaian memanglah mesti diwujudkan.

” Perdamaian bukanlah hal yang jatuh dari langit. Perdamaian mesti diusahakan. Mari kita bergandeng tangan membuat perdamaian, mari kita bergandeng tangan pelihara perdamaian, ” tutur Retno mengutip pernyataan Presiden Jokowi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*